Siswa Peraih Nilai UN Tertinggi Dapat Hadiah Laptop

1357264Komputer-PC780x390KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sinun Petrus Manuk mengaku akan memberikan hadiah laptop untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memperoleh nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi di NTT.

“Kami baru keluarkan pengumuman dan untuk itu maka kami sedang menganalisis lagi untuk menemukan siapa siswa atau siswi yang meraih nilai UN tertinggi dan itu kami akan berikan reward dalam bentuk barang yakni laptop,” kata Manuk, Rabu (21/5/2014).

Selain untuk siswa, kata Manuk, dia juga akan memberikan hadiah untuk guru pendamping siswa berupa sepeda motor. Tujuan untuk memperlancar trasportasi bagi guru yang telah mengantar muridnya dalam meraih nilai tertinggi.

“Untuk siswa peraih nilai UN tertinggi dan guru pendampingnya, kita sudah siapkan 30 unit laptop dan 15 unit sepeda motor. Ke depannya kita sudah rancang untuk tidak hanya dalam bentuk barang tetapi dengan kebijakan bapak Gubernur NTT dengan mengalokasikan anggaran yang cukup memadai maka kita akan siapkan beasiswa,” kata dia.

Menurut Manuk, reward diberikan untuk memberikan motivasi yang kuat untuk lebih maju bagi siswa dan mendorong para guru agar bisa bekerja lebih baik lagi. “Penghargaan itu juga sebagai ucapan terima kasih dalam wujud yang bisa dikenang,” sambung dia.

Manuk menambahkan, persentase kelulusan SMA untuk tahun ini meningkat menjadi 98,98 persen dibanding dengan tahun 2013 lalu yakni 98,20 persen. Sementara itu untuk SMK justru menurun dari 99,70 pada tahun 2013 menjadi 99,12 untuk tahun 2014 ini.