Peraih Nilai UN Tertinggi Diterima di UGM

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Peraih nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi nasional bidang IPS, Nur Afifah Widyaningrum, diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM), sesuai dengan program studi (prodi) pilihan pertamanya, Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Selain Afifah, Rikko Sajjad Nuir, peraih nilai UN bidang IPS tertinggi ke-2 nasional, diterima di prodi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, serta Hashina Zulfa, peraih nilai UN tertinggi ke-3 nasional bidang IPA, diterima di prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, UGM.

Ketiganya merupakan peserta SNMPTN 2014 yang lulus seleksi masuk ke UGM. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM, Iwan Dwiprahasto, kemarin, menyampaikan bahwa pada tahun ini, UGM menerima 3.227 calon mahasiswa program sarjana melalui SNMPTN.

"Calon mahasiswa yang diterima ini berhasil masuk UGM setelah rekam prestasi akademiknya unggul bersaing dengan 61.944 peserta SNMPTN yang mendaftar di UGM," kata Iwan.

Iwan menambahkan, prodi dengan tingkat persaingan tertinggi dalam SNMPTN di UGM kali ini adalah prodi Pariwisata. Lima prodi bidang IPA dengan persaingan tertinggi adalah Teknologi Informasi, Arsitektur, Pendidikan Dokter, Ilmu Komputer, dan Gizi Kesehatan.

Untuk bidang IPS, prodi dengan tingkat persaingan tertinggi adalah Pariwisata, Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Manajemen, dan Akuntansi.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan, calon mahasiswa UGM wajib datang sendiri untuk melakukan registrasi. Registrasi akan dilayani pada 16-18 Juni 2014, bertempat di Direktorat Akademik UGM.

"Calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi hingga tanggal 18 Juni 2014, pukul 15.00 WIB, dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UGM tahun ajaran 2014/2015," kata Iwan.