History

Perkembangan SMK Binamitra

Prasyarat mutlak dunia pendidikan saat ini adalah kemampuan mencetak para siswa menjadi manusia-manusia berkualitas dan mampu memenangkan persaingan di segala sendi kehidupan.

“Persaingan industri memaksa kita untuk bisa berkompetisi dengan yang lain agar dapat bersaing. Hal itu menuntut pentingnya peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM). Keunggulan dalam bersaing hanya dapat diraih oleh SDMberkualitas yaitu mereka yang menguasai IPTEK serta mampu memanfaatkanya dalam perilaku kreatif, inovatif, dan produktif. Dan, SDM yang berkualitas hanya dapat dihasilkan oleh pendidikan yang berkualitas pula,” kata Prof. Dr. H. Nana Sudjana, Pembina  yayasan Pendidikan karya mandiri Binamitra.

SMK  Binamitra merupakan sebuah Lembaga pendidikan dan  yang dikembangkan oleh Yayasan Pendidikan Karya Mandiri (YPKM) di Bandung yang khusus menangani yayasan pendidikan dan pelatihan.

Yayasan Pendidikan Karya Mandiri (YPKM)saat ini membina pendidikan tingkat SMK, SMP, TK dan Paket C setara SMA serta kursus komputer dan bahasa Inggris.

SMK Binamitra didirikan pada tahun 2005 dengan SK Dinas Pendidikan Kabupten Bekasi No. 421/315 Disdik, dengan penyelenggaraan pendidikan bidang keahlian teknologi dan industri Kompetensi keahlian Teknik kendaraan Ringan , Teknik Komputer dan jaringan , dan kompetensi Keahlian Akuntansi .

Seiring dengan perkembangannya, yayasan Pendidikan Karya mandiri  Binamitra mendirikan SMP Binamitra pada tahun 2007, dan pada tahun pelajaran 2007/2008 telah menerima siswa baru untuk angkatan pertama. Untuk pendidikan bagi anak usia dini, YPKM  Binamitra juga telah membina pendidikan taman kanak-kanak.

Misi SMK Binamitra adalah “ Unggul dalam Kinerja, Unggul dalam kemandirian, dan unggul dalam kemitraan’, sedangkan visinya adalah :

  1. Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan secara efektif  agar siswa berkesempatan untuk mengembangan dirinya secara optimal sesuai potensi yang dimilikinya.
  2. Menumbuhkembangkan semangat kemandirian dalam belajar, bekerja dan berwirausaha disertai dengan semangat kemitraan dengan berbagai fihak agar mampu bersaing secara sehat dengan orang lain.
  3. Mengupayakan suasana belajar yang kondusif, religius, menantang dan menyenangkan sehingga setiap siswa mengembangkan kreativitasnya.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai fihak terutama dengan fihak industri/usaha yang saling menguntungkan.
  5. Menerapkan manajemen partisifatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan komite sekolah yang berlandaskan azas keterbukaan dan kebersamaan.

SMK Binamitra mendapat ijin untuk membuka program keahlian  yaitu: 1) Teknik Kendaraan Ringan, 2) Teknik Komputer dan Jaringan, 3) Akuntansi, 4) Teknik Sepeda Motor ( TSM )